Ada 1.000.000 pembaca Rss Feed sudah bergabung, Sudahkah anda?

Berbagi Kebaikan Untuk Kemaslahatan Ummat

Selasa, 14 Februari 2012

Tauhid yang Utama

  1. Allah telah menciptakan alam semesta untuk sebuah tujuan yaitu ibadah(tauhid), dan Allah mengutus para rasul untuk menyeru manusia kepada tauhid ini. Bahkan Al Quran mengkedepankan pembahasan tauhid ini dalam kebanyakan surat-suratnya.al quran pun memaparkan kejelekan syirik(lawan dari tauhid) yang berlaku pada individu dan masyarakat. Syirik pula merupakan sebab kehancuran kehidupan manusia di dunia dan akhirat.
  2. Sesungguhnya para rasul memulai dakwah mereka untuk mengajak manusia kepada tauhid
    "Tidaklah Kami mengutus seorang rasul sebelummu kecuali Kami wahyukan kepadanya bahwa tidak ada sesembahan yang berhak diibadahi selain Aku,
    maka beribadahlan kepadaKu" (QS Surat Al Anbiya')
    Rasul pun mentarbiyah(memberikan pendidikan) kepada sahabatnya tentang tauhid ini semenjak mereka kecil, sebagaimana perkataan beliau terhadap ibnu Abbas
    "Apabila Engkau memohon maka mohonlah kepada Allah dan apabila engkau meminta pertolongan mintalah pertolongan kepada Allah ." ( HR. Tirmidzi )
Tauhid inilah hakikat dari agama Islam yang dibangun diatasnya bangunan islam yang lain.
  1. Rasul mengajarkan para sahabat agar memulai dakwahnya dengan tauhid, beliau bersabda kepada Muadz bin Jabal yang diutus ke Yaman :
    " Jadikanlah awal yang kamu seru adalah syahadat Laa ilaaha illallah, pada riwayat yang lain agar mereka mentauhidkan Allah" ( Muttafaq Alaih)
  2. Tauhid adalah perwujudan dari syahadat laa ilaaha illallah dan muhammad rasulullah yang maknanya tidak ada yang berhak diibadaahi kecuali Allah dan tidak beribadah kecuali dengan syariat yang dibawa oleh rasulullah. Syahadat inilah yang memasukkan seseorang kepada islam, ia juga kunci surga, yang seorang akan masuk surga bila mengucapkannya selama tidak beraktivitas yang membatalkan syahadat tersebut.
  3. Kafir Qurays menawari Rasulullah dengan kekuasaan, harta, wanita dan materi dunia yang lain agar rasul meninggalkan dakwah tauhid ini. Rasul menolak tawaran tersebut dan terus menggencarkan aktivitas dakwahnya walau menanggung beragam ujian dan cobaan. Hingga berlalu 13 tahun dan setelah itu mekah ditakhlukkan, dihancurkan berhala yang disembah oleh orang kafir kurays.
    "Telah datang kebenaran dan hancur kebatilan sesungguhnya kebatilan itu
    pasti akan hancur " (QS Al Isra')
  4. Tauhid adalah kewajiban tugas seorang muslim, dengannya dimulai dan diakhiri kehidupannya. Dan tugas dalam kehidupannya adalah menegakkan tauhid, berdakwah kepada tauhid. Tauhid pula lah yang menyatukan hati-hati orang-orang yang beriman , dan kita mohon kepada Allah agar menjadikan kalimat tauhid sebagai akhir kehidupan kita.